Zelfi Cantika A. Soka

www.gunadarma.ac.id/

Tugas no 3 Kelompok 3

pada Juni 10, 2013

Indonesia Akan Jadi Basis Produksi Industri Taiwan

            Taiwan External Trade Development Council (Taitra) memprediksi Indonesia akan menjadi negara yang menjadi basis produksi industri asal Taiwan ketiga setelah China dan Vietnam pada tahun 2017, menyusul prospek RI sebagai wilayah yang dinilai menjanjikan.

Market Research Department  Taitra  Harrison K.M. Lan mengatakan saat ini posisi Indonesia masih di peringkat kelima sebagai basis produksi sejumlah industri asal Taiwan, yaitu setelah China, Vietnam, Thailand, Malaysia.

“Melihat tren saat ini, kami meyakini dalam lima tahun ke depan, Indonesia akan menjadi basis produksi industri Taiwan di peringkat ketiga,” kata Lan menjawab pertanyaan wartawan  di Kantor Taitra yang ada di Taipei,  Senin, 15 Oktober 2012.

Memang, ujarnya, saat ini  90%-95% pilihan  kalangan industri Taiwan memilih China sebagai basis produksinya. Namun, tambahnya,  dominasi China tersebut di masa mendatang akan berubah. Menyusul prospek negara lain sebagai basis produksi, termasuk Indonesia.

“Indonesia  sebagai wilayah basis produsi  yang penting bagi industri asal Taiwan,” kata Luan. Dia mengatakan ada sejumlah alasan  ketertarikan  kalangan manufaktur asal  Taiwan untuk melirik Indonesia sebagai basis produksinya. Pertama, mengingat besarnya pasar di Indonesia  dengan penduduknya yang padat. Kedua, kebijakan pemerintah untuk mendorong industri dalam negeri  untuk mengisi pasar di Indonesia. Ditambah potensi untuk mengekspor produk Taiwan yang diproduksi di Indonesia ke kawasan Asia Tenggara. Dengan adanya kebijakan  mendorong industri di dalam negeri  untuk memenuhi pasar dalam negeri, tambahnya,  menjadi ketertarikan  kalangan  manufaktur di Taiwan  untuk  berinvestasi mendirikan indusri di Indonesia.

“Investasi industri asal Taiwan di China selama 10 tahun terakhir  mencapai ratusan miliar dolar AS, sementara di Vietnam dalam kurun waktu sama mencapai sekitar 10 miliar dolar AS,”  kata Lan menggambarkan besarnya potensi investasi asal Taiwan di negara lain.

Menurutnya, seyogyanya ketertarikan  kalangan industri Taiwan untuk bersiap menjadikan Indonesia sebagai basis produksi tersebut didukung dengan sejumlah kebijakan  dari pemerintah.

Kebijakan yang diharapkan diberikan pemerintah Indonesia, ujarnya, seperti memberikan insentif bagi para investor, kemudahan dalam  mendapatkan suplai listrik,  mendapatkan lahan,  biaya buruh yang memadai,  serta adanya agensi investasi yang bisa menjawab setiap keingintahuan serta memecahkan masalah kalangan investor.

“Seperti BKPM agar bisa menolong kalangan investor untuk memecahkan setiap problem yang dijumpai,”  kata Lan. Saat ini  industri asal Taiwan yang sudah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis poduksinya adalah Pou Chen Group yang menjadi suplai merek sepatu olahraga  ternama dunia.  Lainnya adalah untuk industri garmen.
Ketika ditanyakan  industri asal Taiwan yang segera bakal  menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya, Lan tidak berkenan memberikan  jawabannya.

sumber : http://arnandadanu.blogspot.com/read/Indonesia.Akan.Jadi.Basis.Produksi.Industri.Taiwan/

 

 

 

KOMENTAR

1. Annisa Fitri/ 20212958/1EB23

Baik sekali kabar ini. Indonesia seharusnya mampu menduduki posisi 3 setelah China dan Vietnam melihat mumpuninya Industri, pasar dan SDM di Indonesia. Apalagi saat ini industri asal Taiwan yang sudah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksinya adalah Pou Chen Group yang menjadi suplai merek sepatu olahraga ternama dunia.

2. Dian Putri/22212037/1EB23

Walaupun kini  industri asal Taiwan sudah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis poduksinya, yaitu Pou Chen Group yang menjadi suplai merek sepatu olahraga  ternama dunia dan Indonesia juga diprediksi naik akan menjadi negara yang berbasis produksi industri asal Taiwan ketiga setelah China dan Vietnam pada tahun 2017. Tetapi seharusnya basis produksi industri Indonesia berbasis home industry karena dengan basis industri tersebut dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan daya kreatifitas masyarakat indonesia sendiri.

3. Dyni aprillia soraya/22212342/1EB23

Sebenarnya Indonesia mempunyai industry pasar dan SDM yang cukup baik. Apa lagi jika kebijakan pemerintah untuk mendorong industri dalam negeri  untuk mengisi pasar di Indonesia. Ditambah potensi untuk mengekspor produk Taiwan yang diproduksi di Indonesia ke kawasan Asia Tenggara. Dengan adanya kebijakan  mendorong industri di dalam negeri  untuk memenuhi pasar dalam negeri,  menjadi ketertarikan  kalangan  manufaktur di Taiwan  untuk  berinvestasi mendirikan indusri di Indonesia.

Kebijakan yang diharapkan diberikan pemerintah Indonesia, seperti memberikan insentif bagi para investor, kemudahan dalam  mendapatkan suplai listrik,  mendapatkan lahan,  biaya buruh yang memadai,  serta adanya agensi investasi yang bisa menjawab setiap keingintahuan serta memecahkan masalah kalangan investor.

Jadi Indonesia sangat mampu dan bisa berpotensi menduduki posisi ke-3 asal Taiwan atau mugkin se-asia. Jika industry ini di kelola sebaik mungkin dan adanya peranan dukungan dari pemerintah.contohnya,saat ini Indonesia sebagai salah satu basis produksi yang menjadi salah satu suplai merek sepatu olahraga ternama di dunia yaitu pruduksi pou chen group.

4.  Lydia Elvina/24212292/1EB23

Seharusnya Indonesia itu berbasis produksi Home Industry bukan berbasis produksi Industry Taiwan. Indonesia harus bangga jika memiliki produksi dalam negeri. Bukan menjadi basis produksi yang berasal dari negara lain . Dengan basis home industry, Indonesia dapat menciptakan lapangan kerja bagi pengangguran, menciptakan daya kreatifitas masyarakat, menambah devisa negara juga. Coba anda bayangkan saja, kalau Indonesia ini hanya menumpang pada produksi negara lain? Bagaimana generasi penerus Indonesia akan maju? Yang ada hanya memanjakan rakyat Indonesia menikmati produksi negara lain. Sedangkan untuk menciptakan kreatifitas, mutu, tenaga yang berpotensi dan professional serta tenaga kerja yang handal dalam bidangnya perlu adanya peningkatan mutu SDM.

 

5. Zelfi Cantika Anjar Soka/28212015/1EB23

Bagus karena dengan adanya kebijakan  mendorong industri di dalam negeri  untuk memenuhi pasar dalam negeri, tambahnya,  menjadi ketertarikan  kalangan  manufaktur di Taiwan  untuk  berinvestasi mendirikan indusri di Indonesia. Sebab Investasi industri asal Taiwan di China selama 10 tahun terakhir  mencapai ratusan miliar dolar AS, sementara di Vietnam dalam kurun waktu sama mencapai sekitar 10 miliar dolar AS yang menggambarkan besarnya potensi investasi asal Taiwan di negara lain. Seyogyanya ketertarikan  kalangan industri Taiwan untuk bersiap menjadikan Indonesia sebagai basis produksi tersebut didukung dengan sejumlah kebijakan  dari pemerintah.

Kebijakan yang dharapkan diberikan pemerintah Indonesia, ujarnya, seperti memberikan insentif bagi para investor, kemudahan dalam  mendapatkan suplai listrik,  mendapatkan lahan,  biaya buruh yang memadai,  serta adanya agensi investasi yang bisa menjawab setiap keingintahuan serta memecahkan masalah kalangan investor seperti BKPM agar bisa menolong kalangan investor untuk memecahkan setiap problem yang dijumpai dan Saat ini  industri asal Taiwan yang sudah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis poduksinya adalah Pou Chen Group yang menjadi suplai merek sepatu olahraga  ternama dunia. Lainnya adalah untuk industri garmen.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: